always learning and always trying

MAKSIAT KARENA ILMU

Share on :
Ada orang bermaksiat karena kebodohanya,tetapi adajuga orang yang bermaksiat justru karena ilmunya.
seseorang yang bodoh tidak tahu suci dan najis,halal dan haram sehingga keadaanya serba menghawatirkan.lalu bagaimana nasib ibadah yang di lakukanya? ,asalah makanan juga demikian "halalkah"? sudahkah dia berhati hati dalam mendapatkanya? 
karena itu bila masih bodoh belajarlah!! agar tidak terjerembab dalam kebodohan sendiri.tetapi bila sudah berilmu janganlah sampai takabur.bila bertemu orang yang lebih bodoh ucapkanlah pada diri anda sendiri "boleh jadi orang itu berani  bermaksiat karena kebodohanya sedangkan saya bermaksiat karena ilmu saya.
oleh karenanya yang merasa berilmu jagalah jangan sampai bermaksiat karena ilmu itu sendiri.
banyak contoh maksiat dengan ilmu,misalnya: takabur,ingin di puji,riya' dll. maka sesuatu yang lahirnya kelihatan baik itu menjadi maksiat.
jadi berhati-hatilah dengan sifat dalam hati yang dapat menjatuhkan diri pada maksiat justru karena ilmu.sebab bila kita termasuk orang yang demikian justru lebih berbahaya, kalau orang bodoh bermaksiat,boleh jadi setelah di nasehati akan sadar tetapi orang yang bermaksiat  karena ilmunya justru membantah,berdalih dan bahkan makin menjadi-jadi.
dengan bertambahnya ilmu,hendaklahsekain takut kepada allah.manfaatkanlah ilmu ituuntuk meningkatkan ibadah dan menata hati.sebab bila ilmu tidak di manfaatkan seperti itu,bisa terjjatuh pada maksiat yang lebih berbahaya.
sumber; kumpulan ceramah "pengajian mingguan roudlotul muhsinin"

0 komentar on MAKSIAT KARENA ILMU :

Post a Comment and Don't Spam!

terima kasih atas kunjungan anda...

 

VISITOR

Free counters!